(021) 8779-1911 komsoskalvari@gmail.com

15 Alasan Kenapa Harus Doa Rosario

Dari sekian banyak doa orang Katolik kenapa harus doa Rosario? 

Pertanyaan ini mungkin seringkali muncul saat kamu sedang berdoa. Bukannya semua doa itu sama? jadi kenapa harus doa dengan kalung manik dan mengucapkan doa Salam Maria sampai 50 kali?  Belum lagi di tengah-tengah doa biasanya udah ngantuk  dan enggak konsen lagi saking lamanya. 

Semua doa pada dasarnya sama, bersyukur, memohon, bahkan ngobrol dengan Tuhan Yesus. Tapi dalam Katolik sendiri mengimani bahwa doa untuk Tuhan juga bisa dipanjatkan melalui pengantaraan orang-orang terdekatnya, seperti Santo dan Santa pelindung, Orang Kudus, dan pastinya Bunda Maria. 

Ibarat kata kamu mau PDKT sama gebetan, secara tak langsung, kamu juga harus PDKT sama ayah ibunya dong. Harapannya, orangtuanya akan membantu kamu untuk bisa dekat dengan anaknya. Peran ini juga yang diharapkan orang Katolik, selain karena devosi kepada Bunda Maria sebagai ibu Yesus, memanjaatkan doa dan harapan kepada Yesus melalui perantaraan hati Maria yang penuh belas kasih akan membantu mewujudkan permohonan kita. 

Selain itu ada banyak alasan kenapa harus doa rosario, bukan cuma di bulan Rosario saja ya. Jadi kenapa harus doa rosario?

Doa Rosario menjauhkan kamu dari godaan setan. Godaan datang silih berganti setiap hari. Iblis tak akan kenal lelah untuk menggoda manusia agar jatuh dalam dosa. 

Di sinilah Bunda Maria berperan, untuk membantu manusia agar punya iman yang kuat dan dijauhkan dari godaan setan. 

Di luar makna dan alasan Gereja tentang mengapa Rosario ada 50 butir, mengulang doa Rosario juga punya banyak manfaat untuk membantu fokus dan menemukan ketenangan batin. Coba ingat lagi, setiap hari sejak bangun tidur, tidak, bahkan saat tidur, kamu mungkin sudah punya banyak rencana dan kesibukan untuk esok hari. 

Tapi masukkah doa dalam daftar kesibukanmu itu? Dibanding doa, mungkin sibuk dengan ponsel atau film favorit dan scroll media sosial jauh lebih menarik dan up to date, tapi apakah bikin kamu lebih tenang? Terkadang semua hal ini justru bikin kamu tambah lelah bahkan tersesat. 

Tinggalkan sejenak semua aktivitasmu, ambillah rosario dan berdoalah.  Berkat dan rahmat serta ketenangan yang mungkin kamu cari dan butuhkan selama ini. 

Dikutip dari berbagai sumber, kalau kamu masih butuh alasan lain kenapa rosario, mungkin kamu bisa temukan jawabannya berikut ini

5550543099_c47268270a.jpg” by Province of Saint Joseph is licensed under CC BY-NC-ND 2.0.
  1. Barangsiapa dengan setia menghormatiku dengan berdoa rosario, akan menerima rahmat yang istimewa

2. Aku berjanji akan melindungi secara khusus dan memberi rahmat yang berlimpah kepada yang berdoa rosario

3. Rosario akan menjadi perisai yang ampuh melawan kejahatan, menghancurkan sifat-sifat yang tidak baik, mengurangi dosa, dan memberantas kesesatan iman.

4. Rosario akan memperkembangkan kebajikan dan karya-karya yang baik, akan memberikan pengampunan dari Allah kepada jiwa-jiwa, akan menghapus kecintaan manusia akan harta benda duniawi dan segala kehampaannya, dan akan mengembangkan hasrat untuk memiliki kehidupan dan hal-hal yang abadi dalam diri manusia. Oh, semoga jiwa-jiwa akan menyucikan diriya sendiri dengan cara ini.

5. Jiwa yang bersandar padaku dalam doa rosario tidak akan binasa

6. Barangsiapa berdoa rosario dengan penuh kesungguhan dan kekhusukan, dengan merenungkan peristiwa-peristiwa yang suci, tidak akan ditimpa kemalangan

7. Barangsiapa yang hidup dengan penuh kesetiaan terhadap rosario, tidak akan mati tanpa menerima sakramen-sakramen Gereja Kudus

8. Barangsiapa yang setia dalam doa rosario, akan mendapat rahmat Allah selama hidupnya dan lebih-lebih pada saat ajalnya. Pada waktu ajal mereka akan ikut menikmati pahala para suci di surga

9. Aku akan membebaskan mereka yang penuh kesetiaan terhadap rosario dari siksa api penyucian

10. Mereka yang setia pada rosario, akan mendapatkan kemuliaan yang luhur di surga

11. Kamu akan mendapatkan apa yang kamu minta dariku dengan berdoa rosario

12. Mereka yang menganjurkan berdoa rosario, akan kubantu dalam kesulitan hidupnya

13. Aku mendapat janji dari Puteraku bahwa para penganjur doa rosario akan mendapatkan perhatian surgawi secara khusus selama hidup dan pada saat kematiannya

14. Semua yang berdoa rosario adalah Puteraku dan saudara-saudara Puteraku yang tunggal Yesus Kristus

15. Devosi terhadap rosarioku adalah pertanda yang luhur bahwa yang bersangkutan akan berbahagia bersama Kristus.

Itulah berbagai manfaat dan alasan kenapa harus doa rosario. Bagaimana dengan kamu, apakah punya alasan kenapa kamu harus berdoa Rosario?

(Antonius Tri Hartanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *